5 ALASAN UTAMA KENAPA PROYEK IMPLEMENTASI ERP GAGAL

5 Alasan Utama Kenapa Proyek Implementasi ERP Gagal

Kalian pasti bingung sebenarnya ERP tuh apasih? Cara kerjanya seperti apa? Jadi ERP itu singkatan dari Enterprise Resources Planning, secara singkat yaitu sitem informasi yang biasanya dipakai oleh perusahaan manufaktur dan sejenisnya. Untuk tujuannya sendiri ERP membantu sebuah bisnis agar terorganisir dengan baik. 

Biasanya mengintegrasikan sebuah proses bisnis dalam pabrik, akuntansi, distribusi, juga sumber daya manusia. Sehingga dapat meningkatkan produktivitas perusahaan menjadi lebih ideal dan efisien. 

Cara kerja ERP cukup mudah, dimana di dalam sistem tersebut akan ada beberapa modul dan subnya dari tiap komponen bisnis. Jika kamu masukan data pada salah satu modul, maka dengan otomatis modul lainnya yang berkaitan dengan data tersebut akan terbaharui secara real time. 

Namun, implementasi ini tidak selalu berlangsung sempurna, ada saja kendala yang dihadapi atau bahkan bisa gagal sekalipun. Semua itu pasti memiliki alasan. Sebagai bahan pembelajaran, nah, dibawah ini ada beberapa alasan kenapa proyek implementasi ERP bisa gagal. Disimak yuk!

Contoh software ERP (Foto: Odoo)

1. Pemilihan Konsultan ERP yang Salah

Jika ingin menerapkan ERP, pastikan konsultan ERP kamu sudah tepat. Ini menjadi sangat penting, karena jika salah akan menghambat kesuksesan perusahaan. Walaupun seorang konsultan berpengalaman perlu budget yang besar, harusnya tidak jadi masalah jika keahliannya dapat membantu banyak. Sehingga meminimalir kendala yang akan datang. Mitra yang baik pastinya dia paham betul tentang kondisi bisnis, sehingga merancang sistemnya pun akan semakin mudah.

2. Visi yang Tidak Jelas dari Sistem ERP

Ketika perusahaan memutuskan untuk menerapkan sistem ERP, pastikan visi dan misinya harus jelas. Tidak bisa sembarangan asal menerapkan. Perlu proses panjang agar semuanya bisa sempurna. Karena pada dasarnya penerapan ERP cukup sulit. Maka dari itu, visi yang terbaik akan membuat perusahaan lebih terstruktur dan jelas. Selain itu, rencana perusahaan dalam beberapa tahun ke depan perlu jadi bahan pertimbangan juga yaa.

3. Memahami Implementasi ERP Sebagai Biaya Tetap

Persepsi yang seperti itu cukup berkembang di perusahaan. Entah sumber dari mana, mereka percaya bahwa sistem ERP itu dianggap sebagai biaya tetap. Padahal kenyataannya, itu perlu dianggap sebagai investasi. Kenapa investasi? Yap, karena jika penerapannya yang benar akan meningkatkan laba perusahaan. Sehingga akan mendapatkan kembali investasi awal.

4. Mempercayakan Semuanya Pada Konsultan ERP

Di awal sudah dijelaskan bahwa memang perlu untuk mencari konsultan terbaik untuk bermitra. Namun, yang harus dilakukan adalah tidak boleh terlalu percaya. Kamu bisa memantau atau berkomunikasi secara teratur dengan konsultan tersebut untuk meninjau sudah sampai mana proyek berjalan. Perlu digaris bawahi, bahwasanya konsultan terbaik belum tentu berhasil juga, jadi kemu perlu berjaga – jaga dengan segala kemungkinan yang ada yaa.

5. Model Penetapan Harga yang Salah

Biasanya kegagalan implementasi ERP sering terjadi karena pemilihan model penetapan harga dan ketentuan pembayaran. Yang harus kamu pahami bahwa model yang digunakan adalah anggaran fleksibel dan aggaran tetap. Jangan salah yaa, karena ini akan mempengaruhi kinerja konsulan dan akan merembet ke hal – hal besar lainnya. Perusahaan gamau rugi kan? Jadi jangan sampai kesalahan terjadi hanya karena kamu tidak memahami alur.

Jadi, sebelum perusahaan memutuskan untuk membuat proyek implementasi ERP, jangan lupa untuk meminimalisir segala resiko kegagalan yang ada. Jangan sampai waktu, tenaga, juga biaya yang sudah dihabiskan menjadi sia – sia. Alasan di atas dapat membantu kamu untuk menghindari adanya kendala, bisa dipahami secara baik yaaa semoga bermanfaat. 

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

Share it

More Blogs

Let's talk about your next big project

Drop us a line and we'll get in touch.
One of our team members will get back to you right away.

Get the latest news about Nurosoft and keep in touch with us