PELUANG TRANSFORMASI DIGITAL PADA BISNIS RITEL PASCA COVID-19

Dampak yang diberikan pandemi Covid-19 ini cukup membuat shock beberapa sektor, salah satunya sektor ritel. Namun tidak semua toko ritel mengalami penurunan penjualan. Toko yang menerapkan transformasi digital seperti penjualan e-commerce dapat bertahan dan justru mengalami peningkatan revenue selama pandemi. Pemesanan online dan pengambilan di tepi jalan juga menjadi strategi untuk beradaptasi dengan situasi Pandemi.  Berikut peluang transformasi digital pada bisnis ritel di era New Normal

Ilustrasi Transformasi Digital (Foto: Pexels)

1. Munculnya Tren “Endless Aisles” di Industri Ritel

Pandemi virus corona mengubah perilaku toko ritel dan menciptakan tren “Endless Aisles”, yaitu strategi bisnis ritel yang memungkinkan pelanggan toko untuk mencari produk secara virtual (kiosk / tablet) dan memesan produk yang out-of-stock atau tidak dijual di toko. Produk tersebut kemudian dikirimkan ke toko atau langsung ke rumah pelanggan Dengan adanya “Endless Aisles”, toko ritel seolah-olah menawarkan berbagai macam SKU dan meningkatkan inventori produk toko. Pelanggan datang ke toko dan keluar setelah membeli produk yang diinginkan, padahal barang tersebut mungkin baru sampai di toko atau rumah dua hari kemudian. Jadi konsep “Endless Aisles” menyatukan toko fisik dan toko virtual untuk menciptakan strategi merchandising yang handal. Bagi beberapa usaha ritel seperti Best Buy dan UPS, Pandemi menjadi peluang emas untuk menerapkan konsep “Endless Aisle” ini pada bisnisnya.

2. Artificial Intellegence menjadi Mainstream pada Sektor Ritel

Pengusaha e-commerce pada umumnya sudah melakukan micro targeting dengan cara melacak perilaku dan riwayat pembelian online customer. Tren Omnichannel kemudian membawa konsep micro targeting ini ke toko offline.  Misalnya, penjual mobil mulai melacak Anda sebelum Anda masuk ke showroom mobil. Mereka sudah tahu mobil apa yang Anda kendarai, dengan siapa Anda masuk, dan pakaian apa yang Anda kenakan. Bagi para Salesman mobil, Arficial Intellegence (AI) bahkan sudah mulai beraksi untuk menghasilkan prediction model sejak Anda masuk ke area parkiran. AI sudah berkembang dari sekadar hype menjadi konsep mainstream di industri ritel. Transformasi digital, didorong oleh AI, membantu pengusaha ritel untuk tetap kompetitif di Era Pasca Covid.

Kesimpulan

Dunia pasca-Covid-19 akan mengalami ledakan transformasi digital pada sektor ritel. Dibutuhkan pandemi untuk membuka jalan bagi perubahan paradigma yang berpusat pada pelanggan yang mengatasi kekurangan dalam ritel online. Perusahaan yang menjadikan krisis pandemi sebagai katalis untuk merangkul transformasi digital akan mengalami perubahan ini dengan sangat cepat. Untuk menjadi pengadopsi dan pembawa standar yang sukses, organisasi ritel harus berkomitmen dari tingkat kepala eksekutif untuk merangkul perubahan paradigma ini.

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

Share it

More Blogs

Let's talk about your next big project

Drop us a line and we'll get in touch.
One of our team members will get back to you right away.

Get the latest news about Nurosoft and keep in touch with us