5 SOFTWARE AKUNTANSI TERBAIK DI INDONESIA 2021

Software akuntansi yang baik pada umumnya dapat memudahkan pemilik usaha maupun staff akuntan untuk mencatatat seluruh data transaksi jurnal dengan output berupa laporan keuangan seperti laporan laba / rugi usaha, neraca, umur piutang dan umur hutang, buku besar, dan arus kas. Bisnis skala UMKM biasanya cocok untuk menggunakan software akuntansi out-of-the-box tanpa memerlukan kustomisasi alias penyesuaian. Namun, seiring dengan bertumbuhnya usaha, otomatis memiliki kebutuhan akuntansi yang lebih kompleks dan lebih cocok menggunakan sistem berskala ERP (Enterprise Resource Planning) ketimbang software akuntansi. Nah, dibawah ini ada 5 software akuntansi terbaik di Indonesia 2021 dengan kapabilitas dan harga yang bervariasi. Yuk disimak!

1. Zahir

Software akuntansi yang satu ini diminati terutama oleh pebisnis skala UMKM di Indonesia. Zahir menjual softwarenya dengan sistem modular sesuai dengan yang diperlukan oleh perusahaan. Jadi, jika Anda hanya memerlukan modul pembelian, maka Zahir bisa mewujudkannya. Selain itu Zahir memanfaatkan Dongle atau semacam USB yang harus ditancapkan ke komputer yang terinstal Software Zahir jika ingin menggunakan softwarenya, tanpa Dongle tersebut maka sistemnya tidak bisa digunakan.

Kelebihan

  • Bonus free training software untuk pembeli atau customer baru
  • Terdapat fasilitas desain laporan keuangan yang beraneka sesuai keinginan para user

Kekurangan

  • Hanya cocok untuk usaha skala UMKM
  • Hanya mencakup kebutuhan akuntansi. Operasional perusahaan seperti manufaktur tidak dicover oleh software ini
  • Tidak dapat di kustomisasi
  • Menghitung biaya per jam pada costing (akuntansi biaya) bukan merupakan biaya yang sebenarnya.

2. Accurate

Software Accurate merupakan software akuntansi buatan Indonesia yang diminati banyak pengusaha UMKM. Untuk Software Accurate sendiri sekarang tersedia dalam 2 platform yaitu Accurate Desktop yang berjalan pada komputer dengan Operating system Windows, dan yang kedua adalah ACCURATE Online yang berjalan pada semua browser baik komputer, laptop, tablet maupun smartphone.

Kelebihan

  • Di kembangkan di Indonesia dan sudah sesuai dengan standard akuntansi dan perpajakan di Indonesia

Kekurangan

  • Hanya cocok untuk usaha skala UMKM
  • Hanya mencakup kebutuhan akuntansi. Operasional perusahaan seperti manufaktur tidak dicover oleh software ini
  • Tidak dapat di kustomisasi sesuai kebutuhan
  • Tidak mendapatkan training pembelian baru

3. Jurnal

Jurnal menyediakan software akuntansi online berbasis cloud untuk membantu pengelolaan pembukuan, perpajakan, stok barang khusus perusahaan skala UMKM di Indonesia.

Kelebihan

  • Berbasis cloud dengan sistem langganan bulanan tanpa biaya implementasi awal
  • Dapat diakses dari mana pun dengan menggunakan internet

Kekurangan

  • Hanya cocok untuk usaha skala UMKM
  • Tidak dapat di kustomisasi sesuai kebutuhan

4. SAP

Tampilan software SAP B1 (Foto: SAP)

SAP (System Application and Product in Data Processing) merupakan software berskala ERP (Enterprise Resources Planning) asal Jerman yang cocok digunakan untuk perusahaan berskala besar. Dengan harga yang sangat mahal, software ini dapat mencakup seluruh operasional perusahaan dari berbagai jenis industri.

Kelebihan

  • Fiturnya sangat lengkap dan dapat mengotomasi bisnis secara keseluruhan di bagian keuangan, penjualan, manajemen proyek, pembelian dan stok, business intellegence, perencanaan produksi & persediaan.

Kekurangan

  • Biayanya relatif mahal. Selain itu biaya pemeliharaan dan upgrade-nya pun terbilang cukup besar
  • Sistem SAP cenderung rumit untuk digunakan dan membutuhkan training yang ekstensif

5. Odoo/Rekomendasi Terbaik

Tampilan software Odoo ERP pada berbagai jenis device (Foto: Odoo)

Odoo adalah software bersakala ERP asal Belgium yang dirikan pada tahun 2005 oleh Fabien Pinckaers. Berbeda dengan software akuntansi diatas, Odoo mengembangkan solusi dengan fitur yang selengkap SAP, namun jauh lebih mudah untuk digunakan dan biayanya jauh lebih terjangkau untuk perusahaan skala UMKM. Odoo juga menawarkan fitur-fitur akuntansi lengkap seperti manajemen faktur, pembayaran, rekonsiliasi bank, laporan keuangan yang terintegrasi dengan penjualan, pembelian, gudang, manufaktur, dan modul-modul Odoo lainnya. 

Saat ini Odoo adalah all-in-one business solution dengan jumlah instalasi terbanyak di dunia. 7 juta user telah terdaftar sebagai pengguna Odoo di 175 negara, dengan 2000 lebih database yang terbentuk setiap harinya. Untuk mendukung pertumbuhan yang pesat ini, Odoo ekspansi secara internasional dengan membuka 11 kantor cabang di seluruh dunia: Louvain-La-Neuve, Grand-Rosière, Antwerp, Luxembourg, San Francisco, New York City, Buffalo, Mexico City, Dubai, Gujarat, dan Hong Kong

Kelebihan

  • Lebih dari 7 juta pengguna di seluruh dunia
  • Memiliki fitur yang tidak kalah lengkap dengan SAP namun harga lisensi pengguna terjangkau: $8 / user / bulan
  • Tampilan user-friendly dan berbasis cloud sehingga daapat diakses dari mana pun melalui internet. Odoo juga tersedia pada aplikasi android & iOS
  • Dapat di kustomisasi

Kekurangan

  • Waktu implementasi lebih lama ketimbang Accurate, Jurnal.id, dan Zahir karena dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan perusahaan.

Nah, dari rekomendasi diatas, yang sudah kamu pelajari kira-kira pilih yang mana?

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

Share it

More Blogs

Let's talk about your next big project

Drop us a line and we'll get in touch.
One of our team members will get back to you right away.

Get the latest news about Nurosoft and keep in touch with us