LAPORAN KONSOLIDASI, APA ITU?

Apa itu laporan konsolidasi? Disebutnya kenapa ga laporan keuangan aja? Eitssss jangan salah duga yaa, laporan konsolidasi tentu beda dengan laporan keuangan biasa lho. Yuk disimak penjelasan artikel di bawah ini biar kamu lebih paham!

Pengertian Laporan Konsolidasi 

Laporan konsolidasi merupakan penggabungan laporan milik perusahaan induk dan perusahaan anak. Sehingga berada dalam satu laporan keuangan yang sama. Jadi seakan akan mereka merupakan perusahaan yang satu entitas. Laporan konsolidasi hakikatnya dibuat khusus perusahaan yang memang memiliki satu atau lebih anak perusahaan. Jadi sudah bisa membedakan bukan dengan laporan keuangan biasa?

Namun, laporan tersebut dibuat jika memang perusahaan induk memiliki hak penuh yaa terhadap anak. Dengan standard operating procedure yang berlaku juga tentunya. Seperti, saham induk harus lebih dari 50% dan bukti berupa saham jika benar memiliki anak perusahaan. 

Isi dari laporan jenis ini biasanya menggabungkan komponen – komponen yang sejenis. Bisa dari asset, beban, pendapatan, maupun ekuitsnya. Tujuan utamanya tentu saja agar memberi kemudahan investor maupun auditor. Mereka bisa lebih memahami kondisi perusahaan induk maupun anak dengan melihat gambaran detail posisi keuangan secara keseluruhan.

Contoh consolidation report untuk piutang pada software Odoo ERP (Foto: Nurosoft)

Prinsip Kerja Laporan Keuangan Konsolidasi

Terdiri dari balance sheet, cash flow statements, income statements, dan statements of change equity, membuat laporan konsolidasi memiliki cara kerja yang sama dengan laporan keuangan biasa. Hal yang perlu kamu perhatikan dalam penyusunannya yaitu eliminasi yang perlu disesuaikan tergantung dari saldo akunnya.

Kamu harus melakukan ini sangat teliti yaa, karena merupakan poin penting untuk membaca saldo akhir secara jelas. Merupakan prinsip dasar yang harus dilakukan. Membuat laporan keuangan konsolidasi harus berjalan semaksimal mungkin. Meminimalisir agar tidak ada kendala dalam setiap periodenya adalah perlu.

Nah, di zaman modern seperti sekarang ini, kamu ga perlu pusing dalam penyusunannya. Bergantung pada teknologi canggih bisa sangat menguntungkan lho. Kamu bisa menggunakan aplikasi Odoo ERP, salah satu software ternama yang dapat membantu dalam menyusun laporan konsolidasi. Memiliki fitur lengkap yang dapat kamu sesuaikan dengan perusahaan. Canggih banget bukan?

Membuat Laporan Keuangan Konsolidasi

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai prosedur awal membuat laporan keuangan konsolidasi adalah memeriksa laporan keuangan induk dan anak perusahaan. Periksa secara detail apakah ada kesalahan dalam penyusunannya. Karena jika dari awal sudah salah, akan merembet ke hal lainnya yang lebih krusial. 

Jadi jika ada salah, langsung lakukan koreksi yaaa! Yang kedua kamu bisa membuat laporan laba – rugi masing – masing, jangan lupa lakukan eliminasi dengan menyesuaikan laporan yang sudah ada.

Selanjutnya dari anak perusahaan kamu bisa melakukan dividend dan eliminasi. Setelah itu akan ada saldo investasi yang terlihat. Nah, perlu dikembalikan saldo tersebut ke awal periode. Kemudian akan ada penyesuaian lagi atas dividen dan laba anak. Kamu tinggal buat catatan sebagai bagian dari kepentingan non pengendali.

Langkah berikutnya, membuat eliminasi saldo resiprokal pada laporan induk dan juga anak. Jika sudah terlihat hasilnya kemudian ada selisih nilai, kamu tidak perlu khawatir yaa. Bisa langsung melakukan amortisasi dan alokasi. 

Well, dari penjelasan diatas sedikit banyak membantu kamu kan terkait laporan keuangan konsolidasi? Mungkin itu hanya teori singkatnya saja, namun tetap harus kamu praktekan di rumah. Jika kamu berkecimpung di dunia akuntansi, wajib banget buat paham ini. Apalagi yang bercita – cita menjadi seorang akuntan. Jadi, semoga artikel ini bermanfaat yaa. 

About Nurosoft
Nurosoft Consulting became Indonesian Odoo partner in 2015 and since then have successfully implemented Odoo projects in Hong Kong, Australia, Singapore, India, Thailand, and Indonesia. Today, Nurosoft is a certified gold partner with experience in a range of business sectors and sizes including eCommerce, retail, manufacturing, and distribution. Learn more about Nurosoft Consulting.

Share it

More Blogs

Let's talk about your next big project

Drop us a line and we'll get in touch.
One of our team members will get back to you right away.

Get the latest news about Nurosoft and keep in touch with us